Saung ini dibangun sekitar bulan
Oktober 2013 oleh seorang warga Bringin bernama Gunawan, beliau membangun saung
hijaunya dengan tujuan mewujudkan generasi Islam yang berbudaya dan membentuk
kelompok ngaji. Tidak hanya itu, beliau
juga membuat beberapa program untuk proses pembelajaran pada saung hijau
Adhigananya.
![]() |
aspek penilaian adhigana |
Salah satu programnya diwujudkan
melalui pembuatan kurikulum yang membangun karakter dan kebiasaan anak. Ada
beberapa aspek yang dinilai pada kurikulumnya yang dimuat pada laporan hasil
belajar yang ada pada kolom gambar di samping ini.
Menurut Gunawan, pembangunan karakter dan kebiasaan lebih penting
disamping perkembangan ilmu seorang anak. Penilaiannya juga dilakukan setiap
hari kepada para siswanya melalui buku rapor yang diberikan kepada setiap
siswanya, sehingga perkembangan bisa dipantau secara detail.
![]() |
aktifitas belajar saung adhigana |
Berbagai aktifitas murid telah
dilaksanakan di saung ini. Mereka bisa belajar dengan menampilkan ekspresi
mereka sendiri. Murid-muridnya selalu menggunakan Bahasa Jawa Krama dalam
berkomunikasi dengan teman-temannya dan gurunya sendiri, karena hal tersebut
merupakan salah satu aspek yang dinilai dan yang paling unik dari penilaian
yang diterbitkan di laporan hasil belajar mereka.
Selain itu kebiasaan membuang sampah pada tempatnya juga termasuk aspek penilaiannya. Jika ada seorang murid yang membuang sampah sembarangan ada hukuman yang dilaksanakan muridnya. Uniknya, hukumannya tidak terlalu berat yakni membaca sholawat 10 kali. Tentu hukuman yang dilakukan tersebut merupakan hukuman yang sangat efektif dan membangun kebiasaan anak untuk bisa membiasakan diri bershalawat.
Kendala juga ditemui oleh beliau
yakni dalam mencari tenaga pengajar. Beliau hanya dibantu oleh 1 pengajar dalam
menjalankan programya tersebut. Namun, itu tidak menjadi masalah baginya karena
beliau masih mempunyai misi kedepannya untuk membangun sebuah yayasan. Semoga
impiannya bisa segera terwujud.
Semoga Anda
Terinspirasi
0 komentar:
Posting Komentar