Tagline pariwisata dirasa
sangat penting untuk meningkatkan potensi pariwisata dalam suatu daerah.
Mengapa demikian ? karena tagline merupakan
strategi pemasaran yang sangat tepat untuk mempromosikan suatu produk. Dengan
kata-kata dapat mendiskripsikan sesuatu dan memiliki arti yang tepat, serta
dapat mempengaruhi masyarakat tanpa berfikir panjang. Tentu hal ini sangat
tepat utuk digunakan dalam strategi promosi pariwisata.
Tagline pariwisata haruslah
yang mudah diingat, menarik, dan singkat. Karena berkenaan dengan pemahaman
masyarakat secara umum. Jika tidak, maka hanya akan menjangkau wisatawan
tertentu saja.
Tagline pariwisata biasanya
dibuat dengan pemahaman akan kondisi sebenarnya dan pendeskripsian dalam kata
yang besar. Oleh karena itu, kemampuan sastra seseorang akan sangat diuji
ketika menentukan dan membuat sebuah tagline
pariwisata.
Misalkan,
saya membuat sebuah tagline pariwisata
seperti ini : Pati is the Truly Beauty.
Tagline tersebut menggunakan Bahasa
Inggris karena Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, sehingga tagline dapat digunakan secara fleksible. Truly Beauty berarti keindahan yg sesungguhnya. Jika kita perhatikan,
Pati memiliki keindahan alam serta kearifan lokal yang sangat banyak, namun
masih belum terekspose, oleh karena itu diharapkan ketika wisatawan berkunjung
di tempat pariwisata Kabupaten Pati khususnya akan menemukan keindahan yang
sesunggunya, dan akan sangat terpesona oleh keindahan yang ada di Kabupaten
Pati yang tak terkira sebelumnya.
0 komentar:
Posting Komentar