Duta Wisata Kabupaten Pati 2014

            Kabupaten Pati memiliki pesona wisata yang banyak sekali. Baik itu wisata budaya, alam, maupun religinya. Dalam mengefektifkan destinasi atau pesona wisata tersebut dibutuhkan adanya organisasi yang mengurusi dan mengelola destinasi wisata tersebut.
            Salah satunya adalah Disbudparpora Kabupaten Pati. Tentu dalam memajukan pariwisata tersebut diperlukan adanya generasi muda Pati yang mampu mempromosikan pariwisata di Kabupaten Pati. Oleh karena itu, diadakanlah ajang pemilihan Duta Wisata Kabupaten Pati. Di tahun 2014 ini, Duta Wisata memiliki tugas sebagai promotor wisata yang ada di Kabupaten Pati dan menjadi perwakilan Kabupaten Pati dalam ajang serupa di Jawa Tengah, Duta Wisata juga dituntut untuk mumpuni dalam bergaul dengan orang lain.
            Ajang Duta Wisata Kabupaten Pati 2014 ini, mampu menarik 97 remaja putra dan putri Pati untuk bersaing merebutkan gelar Duta Wisata Kabupaten Pati tahun 2014. Dalam tes wawancara dan tertulis tersaringlah 30 finalis yang terdiri dari 15 putra dan 15 putri untuk mengikuti babak Grandfinal Duta Wisata Kabupaten Pati 2014. 
           Sebelum mengikuti babak Grandfinal Duta Wisata Kabupaten Pati 2014, mereka terlibat dalam Kirab Hari Jadi Kabupaten Pati ke 691 (7/08) dan Pati Night Carnival (9/08). Dengan mengikuti rangkaian kegiatan tersebut, mereka terlatih dari segi fisik dan mental. Selain itu mereka juga sudah merasakan persaudaraan yang sangat kuat karena mengikuti berbagai kegiatan secara bersama-sama. Jadi menang ataupun kalah adalah nomor kesekian bagi mereka.
Grandfinalis Duta Wisata Kabupaten Pati 2014
            Sebelum menuju malam puncak Grandfinal Duta Wisata Kabupaten Pati mereka diberi pembekalan tentang destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Pati, seperti : Agrowisata Kebun Kopi Jollong dan Wisata Industri di salah satu pabrik kacang ternama di Kabupaten Pati. Selain itu, mereka juga dibekali materi oleh Bapak Haryanto, S.H, M.M, M.Si tentang menjadi seorang duta wisata yang baik. Dan pada H-1, para grandfinalis mengikuti sesi penilaian Catwalk dan Gladi Bersih. Pada serangkaian kegiatan tersebut para grandfinalis sudah mengalami penilaian yang sangat jeli oleh para juri sampai babak Grandfinal.
            Dan pada hari Kamis, 28 Agustus 2014, sebanyak 30 grandfinalis tiba di malam puncaknya yang diselenggarakan di Hotel Pati. Dalam acara tersebut dihadiri pula oleh Bapak Bupati Pati, Wakil Bupati Pati dan beserta jajarannya. Acara berlangsung sangat meriah, dengan adanya sesi catwalk grandfinalis dan sesi pertanyaan I yang harus dijawab oleh Grandfinalis selama 30 detik. Setelah sesi pertanyaan I, ada sesi pertanyaan ke II yang dijawab oleh grandfinalis yang masuk ke 4 besar selama 60 detik.
            Adapun hasil dari Grandfinal Duta Wisata Kabupaten Pati 2014, yaitu sebagai berikut.
1. Bagus D, perwakilan SMA 1 Pati mendapatkan Juara I Putra. Dia adalah siswa yang berprestasi dan pandai berolahraga disekolahnya.
2. Angela Sarasati, perwakilan umum mendapatkan Juara I Putri. Dia adalah remaja cantik kelahiran Gembong yang sekarang menimba ilmu di ITB (Institut Teknologi Bandung).
Juara I Putra dan Putri
3. Firzan Danang, perwakilan SMA 1 Pati mendapatkan Juara II Putra. Dia adalah atlet basket disekolahnya dan sangat berprestasi.
4. Muji Rahayu, perwakilan SMA 1 Jakenan mendapatkan Jura II Putri. Dia adalah siswi yang aktif berorganisasi.
5. Fabian, perwakilan SMA 3 Pati mendapatkan Juara III Putra. Dia siswa yang berprestasi dan sangat santun disekolahnya.
6. Nabilah ZL, perwakilan SMA 1 Pati mendapatka Juara III Putri. Dia adalah siswi yang aktif diorganisasi PKS disekolahnya.
7. Juara Harapan Terbaik Putra diraih oleh Hanif perwakilan dari SMA 2 Pati. Dia adalah siswa ramah dan berprestasi.
8. Juara Harapan Terbaik Putri diraih oleh Ratih Kartika perwakilan dari Kecamatan Juwana. Ratih Kartika adalah gadis cantik dan pandai bergaul.
Juara I, II, III, dan Harapan terbaik
Mereka adalah putra putri Pati yang mendapatka Juara I, II, dan III dan juara Harapan Terbaik diajang Duta Wisata Kabupaten Pati 2014. Selain itu, ada pula beberapa juara kategori yaitu :
1.      Juara Kategori Kepribadian Putra diraih oleh Deska PU dari SMA 1 Jakenan
2.      Juara Kategori Kepribadian Putri diraih oleh Lulus Sri Lestari dari perwakilan DPU Kabupaten Pati
3.      Juara Favorit Putra diraih oleh Rofiq perwakilan dari SMK Salafiyah Kajen
4.      Juara Favorit Putri diraih oleh Selviana Nelsa perwakilan dari SMA 1 Kayen
5.      Juara Photogenic Putra diraih oleh Ayas K perwakilan dari SMA 1 Juwana
6.      Juara Photogenic Putri diraih oleh Isti Puspa C perwakilan dari SMA 2 Pati
7.      Juara Best Catwalk Putra diraih oleh Rekly Waskito perwakilan dari SMA 2 Pati
8.      Juara Best Catwalk Putri diraih oleh Eka Widyastuti perwakilan dari SMK Nasional Pati
Juara Kategori Kepribadian, Favorit, Photogenic, dan Best Catwalk

Itulah para juara dalam ajang Duta Wisata Kabupaten Pati 2014, mereka semua tentulah remaja putra dan putri terpilih yang santun dan berbudi pekerti. Namun tak hanya mereka yang menang tapi juga ke 30 finalis tersebut sudah bagian dari remaja putra dan putri terbaik di Kabupaten Pati. Semoga dapat menjadi inspirasi.
            

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tautan Lain