Dagelan Ingin Mendunia

           Dalam perkembangan industri hiburan yang semakin pesat akhir-akhir ini, membuat jenis-jenis hiburan di Indonesia semakin beragam. Beberapa jenis hiburan bergenre hiburan tersebut diantaranya : Sinetron, macam-macam sendratari, acara musik, dan yang sedang ngetrend akhir-akhir ini adalah Stand up comedy.

            Perkembangan hiburan Stand up comedy semakin pesat di Indonesia karena semakin banyak stasiun TV yang membuat program TV bertemakan Stand up commedy. Jenis komedi tersebut mulai berkembang pertama di negara Inggris. Stand up comedy ini dimainkan oleh seorang seseorang yang dijuluki sebagai comic  yang menyampaikan leluconnya diatas panggung secara individu dan didengarkan oleh beberapa audience didepannya.
     
    Dan hebatnya stand up comedy ini bisa mengalahkan popularitas dari jenis komedi asli Jawa Tengah yakni “Ndagel” yang hanya dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah saja. Disamping itu, stand up comedy yang merupakan jenis komedi yang berasal dari luar justru lebih mudah dikenal masyarakat Indonesia. Bahkan remaja yang ada di Jawa Tengah juga suka dengan stand up comedy ini.

            Seni komedi “Ndagel” merupakan jenis komedi asli Jawa Tengah dan sering diperankan pada pagelaran Kethoprak. Dalam penyampaiannya, menggunakan media kritik sosial dan nasehat untuk masyarakat namun dikemas secara lucu dan tentunya menghibur. Memang kendala bahasa menjadi hambatan untuk bisa dikenal secara nasional, karena penyampaian komedinya dengan menggunakan Bahasa Jawa.

            Namun seni “Ndagel” ini tentu juga bisa go international supaya lebih bisa dikenal oleh masyarakat luas dan tidak hanya di Jawa Tengah saja. Misalkan dengan memadukan seni “Ndagel” dengan menggunakan Bahasa Inggris dalam penyampaiannya. Tapi, seni “Ndagel” ini pada kenyataannya sudah berupaya untuk go international, dengan menggelar pentas seni di beberapa negara luar negeri.

            Tentu untuk membuat budaya Indonesia agar mendunia menjadi misi anak muda seperti kita. Bangga jadi anak Indonesia.

        

Semoga Bermanfaat

         

0 komentar:

Posting Komentar

 

Tautan Lain