Pati Night Carnival, Batik Bakaran Lingsir Wengi

            Sering kita dengar berbagai acara fashion di Indonesia, seperti Solo Batik Carnival yang diadakan di kota Solo, Jember Fashion Carnival (Jember), dan Semarang Night Carnival di Kota Semarang. Seperti di kota Solo yang mengangkat batik Solonya dengan mengadakan Solo Batik Carnival, Kabupaten Pati juga tak segan segan untuk mengenalkan Batik Bakaran yang diangkat dalam acara Pati Night Carnival 2014, Batik Bakaran Lingsir Wengi.
            Batik Tulis Bakaran ini sangatlah unik dan memiliki corak khas daripada batik-batik yang lain. Dan pengerjaan yang tetap mempertahankan dengan cara TULIS juga merupakan suatu kelebihan tersendiri yang ada pada Batik Tulis Bakaran. Sesuai dengan pengakuan UNESCO tentang batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia apabila batik tersebut dalam proses pengerjaannya adalah dengan cara TULIS.
            Tentu mengangkat dan memperkenalkan Batik Tulis Bakaran dengan segala kenaturalannya tidaklah mudah, hal ini dibutuhkan kesadaran para pengrajin untuk tetap giat dan rajin untuk tetap kreatif walau dalam keterbatasan cara pengerjaan yang ditetapkan oleh UNESCO untuk tetap mempertahankan cara pengerjaan Batik yaitu dengan cara tulis.
            Selain pengermbangan yang dilakukan melalui Batik Bakaran Go Blog, yaitu pengembangan daya kenal masyarakat akan Batik Tulis Bakaran melalui internet. Pemerintah telah memodifikasi pengembangan daya kreasi yang tidak menghilangkan keaslian Batik Tulis Bakaran itu sendiri dengan cara mengaplikasikan Batik Tulis Bakaran pada acara Pati Night Carnival. Menggunakan Batik Bakaran sebagai bahan membuat produk karnaval merupakan langkah jitu yang dilaksanakan pemerintah untuk memperomosikan Batik Tulis Bakaran. Hal ini juga dapat mendatangkan daya tarik wisata bagi masyarakat luar daerah Kabupaten Pati.

ist

ist
         Pada Pati Night Carnival merupakan salah satu rangkaian acara Hari Jadi Kabupaten Pati yang mengusung tema Memayu Hayuning Praja, pada Pati Night Carnival yang pertama kali dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2014 kemarin, membuahkan hasil yang sangat memuaskan. Nampaknya jika acara ini tetap berlangsung setiap tahun akan menjadikan ladang pariwisata yang sangat besar di  Kabupaten Pati. PATI IS THE TRULLY BEAUTY

3 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya dan batik tulis bakaran adalah bagian dr budaya indonesia yg wajib untuk dilestarikan dan dibudayakan tentunya

      Hapus
    2. Iya dan batik tulis bakaran adalah bagian dr budaya indonesia yg wajib untuk dilestarikan dan dibudayakan tentunya

      Hapus

 

Tautan Lain